7 Hal yang Perlu Agan Ingat Ketika Kesepian

06.09.00
 

"You cannot be lonely if you like the person you're alone with."
– Wayne Dyer

Dalam hidup banyak sekali perasaan-perasaan yang kita rasakan dan sebagai manusia kita selalu ingin di perhatikan, ketika tidak ada yang memperhatikan bisa jadi karena dirikita sendiri. Sehingga kita selalu merasa sendirian, untuk mengingatkan tentang diri kita yang tidak pernah sendirian, 7 hal ini yang perlu diingat.

1.Merasa Kesepian itu Cerminan Atas Diri Kita



Berapa sering kita berinteaksi dengan orang-orang baru? atau teman-teman lama yang dirasa kini mulai menghilang? Berada diantara banyak orang tapi masih tetap merasa sendirian? Bisa jadi memang karena kita sulit untuk berhubungan dengan orang lain, atau terlalu asik dengan diri sendiri dan kurang memperhatikan yang ada disekitar kita.

Hingga ada saatny kita merasa benar-benar kesepian.
Belajar perduli dengan orang lain, mencintai diri sendiri bukan berarti harus selalu mengabaikan orang lain, karena kita memang takkan bisa hidup sendirian dan kita tak akan menang dari rasa kesepian.

2. Selalu ada teman ataupun orang lain yang bisa diajak ngobrol.



Seperti Kaskus yang akhirnya bisa menjadi tempat untuk berinteraksi dengan teman-teman dalam komunitas,bertemu teman baru dan ngobrol melalui sosial media dengan orang yang tidak kita kenal dekat.

Namun karena memiliki kesukaan yang sama obrolan kita menjadi lebih menarik hingga membuat kita memiliki pengalaman baru.Sebenarnya kita tidak pernah kesepian, kita dikelilingi oleh banyak orang, merasa kesepian itu pilihan diri, karena sebenarnya selalu ada teman yang bisa kita ajak ngobrol.

3. Biarkan diri kita menghilang agar dapat menemukan diri.



Menerima semua yang datang dan berlalu. Ketika suatu hal buruk terjadi mungkin reaksinya adalah kesal atau bahkan marah. Hal baik yang datang kita malas suka merasa "ah biasa aja." seperti kita yang kadang merasa sendirian, kita bisa saja merubah cara pandang kita. Merasa sendirian itu karena perasaan, bukankah perasaan bisa berubah? kita saja yang sering kali terjebak dalam perasaan yang belum tentu benar ini.

4. Belajar untuk mengubah cara pandang pada Hal-hal yang terjadi dalam hidup 



Menerima semua yang datang dan berlalu. Ketika suatu hal buruk terjadi mungkin reaksinya adalah kesal atau bahkan marah. Hal baik yang datang kita malas suka merasa "ah biasa aja." seperti kita yang kadang merasa sendirian, kita bisa saja merubah cara pandang kita. Merasa sendirian itu karena perasaan, bukankah perasaan bisa berubah? kita saja yang sering kali terjebak dalam perasaan yang belum tentu benar ini.

5.Membantu Orang Lain Membantu Diri Kita Juga



Kalau kita baik maka dunia pun akan baik, percaya gak percaya sih kalau mau tau itu benar atau nggak ya coba saja. Menawarkan bantuan atau malah langsung memberikan bantuan membuat kita menyadari betapa beruntungnya kita dan membuat kita lebih senang. Ada juga penelitian yang menunjukan bahwa memberi memang membuat lebih bahagia.

6. Semua hal yang kita lalui itu baik, Kesepian bisa membuat kita berpikir untuk mengevaluasi dan mengubah diri.



Apa kita pernah mempertanyakan kenapa kita merasa sendirian? apa yang bisa kita ubah agar tidak merasa sendirian? Saya pernah mendapatkan keluhan dari teman "Kenapa sih orang-orang itu gak selalu ada buat gue?" atau "kenapa sih mereka ada kalau butuh aja?" Kemudian saya balas dengan senyuman, ya saya pikir itu bukan pertanyaan yang perlu dijawab, karena pasti ada aksi dan reaksi. Balik lagi ke #5 "Kalau kita baik maka dunia pun akan baik." Bukan orang lain yang harus berubah, tapi mulai berubah dari diri kita sendiri.

7. Karena kita bisa mulai mencintai diri kita sendiri lebih dulu.



Kalau kita sendiri tidak mencintai diri kita, bagaimana orang lain mau mencintai diri kita? Mencintai diri kita lebih dahulu bukan berarti kita tidak bisa mencintai orang lain dan mengabaikan semuanya ya. Mencintai diri sendiri termasuk mencintai perasaan kesepian atau sendirian yang dialami juga.

Menjalani hidup memang tak semudah yang dibilang para motivator itu nak… akan ada fase-fase dimana kita bingung untuk banyak hal atau merasa kesepian dalam setiap langkah. Tidak mudah bukan berarti tidak bisa, jalani saja semuanya dan terus lakukan yang terbaik dalam setiap perjalanan kita, semoga kita tidak merasa lagi yaaaa 

kalau dari teman-teman ada lagi gak hal-hal yang perlu di ingat agar tidak merasa kesepian? kalau ada, ditunnggu komeng nya gan, thank you! :)


Sumur : Kaskus

Artikel Terkait

Previous
Next Post »